Senin, 21 November 2011

Selamat Malaysia, Semangat Indonesia !!!


Publik Indonesia harus kembali bersabar untuk melepas dahaga gelar yang terakhir kali diraih oleh pasukan Garuda saat meraih medali emas Sea Games 1981 silam. Kekalahan atas Malaysia di Final Sea Games 2011 kali ini tambah menyesakkan dengan penentuan gelar yang harus ditentukan oleh adu penalti. Faktor luck kali ini menjadi penghambat bagi pasukan Garuda Muda untuk melepas dahaga gelar insan pecinta sepakbola nasional.

Laga Final yang berlangsung di SUGBK semalam menyajikan pertarungan dua tim terbaik di Asia Tenggara yang sesungguhnya. Malaysia kembali memainkan role model mereka yakni dengan berorientasi pada pertahanan yang ketat dengan serangan balik yang cepat dan mematikan. Pertahanan ketat yang digalang oleh Muslim cs berhasil membuat Patrich Wanggai kesulitan untuk menembus pertahanan Malaysia.

Beruntung, pada menit ke-5 Indonesia berhasil mencuri gol cepat malalui tandukan Gunawan Dwi Cahyo. Gol cepat yang dicetak oleh Indonesia membuat strategy plan Malaysia berubah. Pelatih Ong Kim Swee menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk tampil menyerang untuk secepatnya menyamakan kedudukan. Seharusnya hal ini menjadi momentum untuk Garuda Muda karena Malaysia mengajak untuk bermain terbuka, sesuai dengan role model permainan Indonesia. Namun, Malaysia justru berhasil mencetak gol melalui tandukan Asrarudin.

Babak II, permainan Indonesia bermain lebih baik. Pertahanan yang digalang oleh Abdul Rahman cs lebih kokoh ketimbang permainan pada babak pertama. Sayang, tidak ada gol yang tercipta pada babak kedua sehingga berlanjut ke babak tambahan. 2 x 15 menit babak tambahan digelar, gol pun tidak tercipta. Ferdinand Sinaga sempat berhasil mencetak gol pada menit ke-5 babak I tambahan namun dianulir oleh wasit karena sebelumnya Okto terperangkap offside.

Adu penalti akhirnya digelar, Ferdinand Sinaga dan Gunawan Dwi Cahyo gagal mengeksekusi penalti secara sempurna sehingga membuat Malaysia kembali meraih medali emas Sea Games yang terakhir kali mereka rebut dua tahun yang lalu. Selamat buat Malaysia, semangat buat Indonesia. Mari kita petik hikman atas kekalahan ini untuk menjadikan timnas kita lebih baik ke depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar